Halaman

06 Februari 2012

Membuat Hole Wizard dengan Bantuan Sket Polygon pada Gambar Flange

Bagaimana apakah Anda sudah semakin terbiasa untuk menggunakan Solidworks? Semoga demikian. Pada tulisan ini saya ingin menunjukkan kepada Anda tentang perintah Hole Wizard. Anda dapat membuat tipe-tipe berikut pada lubang Hole Wizard:
  •  Counterbore
  •  Countersink
  •  Hole
  •  Straight Tap
  •  Tapered Tap
  •  Legacy


Untuk penempatan Hole Wizard, kali ini saya menggunakan bantuan perintah Polygon Sketch. Dimana Anda terlebih dahulu membuat sket poligon, lantas dari titik-titik sudut poligon ini anda tinggal menempatkan posisi lubangnya. Juga tampilan cosmetric thread pada lubang yang akan dibuat dengan menambahkan setelan Tools, Option, Document Properties, Detailing, Shaded cosmetic threaded.

Saya akan membuat contoh sederhana mengenai perintah Hole Wizard pada sebuah gambar Flange. Terdapat tiga buah lubang cosmetic threaded pada gambar diatas.
Berikut langkah-langkahnya:

1. Membuat Revolved Sketch
 
Pada Feature toolbar, pilih Revolved Boss dan pilih Front Plane. Kini Sketch toolbar telah aktif. Buat sket garis untuk membentuk profil flange. Tentukan dimensinya seperti contoh gambar di bawah ini. Juga tambahkan "Centerline" secara horisontal pada "Origin" sebagai "Axis of Revolution". Klik OK.
2. Revolved Boss

Untuk mengakhiri perintah membuat profil sket di atas klik Exit Sketch.
Pada kotak dialog di bawah Revolve Parameters akan secara otomatis menjadikan "Centerline" sebagai "Axis of Revolution". Akhiri dengan klik OK.
3. Polygon Sketch
 
Berikutnya adalah membuat sket poligon sebagai garis sekaligus titik bantu tempat "Hole Wizard" yang akan kita buat nantinya. Pada "Sketch toolbar" pilih "Sketch" lalu pilih "a planar face". Pada Sketch toolbar pilih Polygon. Ubah "Orientation View" pada Right atau tekan (Ctrl + 4).

Pada kotak dialog, ketik "Number of Side" pada angka 3 atau bisa juga dengan klik tombol tanda panah bawah hingga angkanya berubah dari 6 menjadi 3. Pilih "Circumscribed circle". Lalu tempatkan kursor pada origin, klik kiri lalu geser kursor ke atas kira-kira mendekati garis luar flange dan klik kiri lagi.

Kembali ke kotak dialog, klik "For construction" di bawah parameter "Option". Akhiri dengan klik OK.


4. Smart Dimension dan Fully Define Sketch
 
Kemudian set "Pitch Circle Diameter (PCD)" pada 100mm dengan memilih "Smart Dimension" pada "Sketch toolbar". Perintah ini agar diameternya menjadi "fully define sketch". Klik OK.

Berikutnya agar segitiganya juga menjadi "fully define sketch", klik alas segitiga yang horisontal lantas akan muncul kotak dialog kecil di samping kanan kursor, klik "Make Horizontal". Akhiri dengan klik OK.
5. Hole Wizard
 
Sebelum mengakhiri gambar model flange ini dengan membuat "Hole Wizard", setel dahulu tampilan lubang thread menjadi "cosmetic threaded". Pilih Tools, Option, Document Properties, Detailing, Shaded cosmetic threaded.

Berikutnya pada "Feature toolbar" pilih "Hole Wizard". Akan muncul kotak dialog. Terdapat dua Tab, yakni Type dan Positions. 

Pada tab Type;
Di bawah Hole Type pilih Straight Tap, Standard: Ansi Metric, dan Type: Bottoming Tapped Hole.
Di bawah Hole Specifications pilih Size: M10X1.5.
Di bawah End Condition pilih Through All.
Di bawah Option pilih Cosmetric thread.

Pada tab Positions klik 3D Sketch lalu klik ujung-ujung sket segitiganya sebagai tempat "Hole Wizard". Akhiri dengan klik OK.

Baik sampai disini cara menggambar flange berikut menambahkan "Hole Wizard" menggunakan bantuan sket poligon selesai saya tampilkan urut-urutannya. Selamat mencoba!


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lainnya